Jumat, 23 Januari 2015

SAAT PUKUL TIGA TIGA PULUH PAGI By Slamet Priyadi

Image Orang Gila (Foto: SP)

SAAT PUKUL TIGA TIGA PULUH PAGI
Karya: Slamet Priyadi 

Orang gila tu berkemeja lengan pendek, bercelana Jean robek
Berambut keritinguil penuh debu, bertubuh kurus dan pendek
Bermata cekung, berkumis kecokelatan dan berhidung pesek
    Terus berjalan mundar-mandir sambil meludah di tanah becek    
Sudah  tiga belas kali aku melihat orang gila itu  sliwar-sliwir
Berjalan bungkuk di jalan penuh genangan air yang mengalir
Saat hujan rintik-rintik  menjelang pukul tiga, tiga puluh pagi
Persis di depangapura SPN Lido Jalan Raya Ciawi-Sukabumi

Sambil menanti-nantikan Bus jurusan Pulo Gadung-Sukabumi
Yang akan aku tumpangi untuk berangkat kerja tugas profesi
Aku terus perhatikan  orang gila itu yang menoleh ke arahku
Tak kunyana ia menghampiriku  seraya berkata dengan lugu
Akang, boleh saya minta udutnya barang sebatang saja, kang!
Aku ambil bungkus rokok di saku yang masih sisa lima batang
Lalu ku berikan  kepadanya, nampak ia merasa begitu senang
Sementara Bus yang ku nanti-natikan lama belum juga datang

Orang gila itu berkata lagi kepadaku  sambil tunjukan jari lima
Akang beri aku rokok lima batang itu punya makna lho, kang!
Dengar jawaban seperti itu aku heran, lalu bertanya padanya
Wah, sama sekali tidak ada itu,  memangnya kenapa, Mang?
Begini kang, satu itu jujur, sabar, dan kasih pada semuaorang
Dua berarti  perasa, pengiba, penyayang tapi juga pemberang
Tiga itu penuh angkara,  penuh nafsu tapi berjiwa terusterang
Empat berarti cepat,giat, periang dan suka bersenang-senang
Lima itu pintar berdalih,  tak mau mengalah, maunya menang

Dengar semua penuturan tentang perilaku kebanyakan orang
Dari si Mang yang katanya gila itu  hatiku pun jadi meradang
Gilakah , sedengkah, gendengkah dia, atau hanya pura-pura?
Aku bertanya,  Mang berkata begitu sumbernya dari mana?
Sungguh tak kunyana, tak kuduga, tak kusangka, jawabnya, 
Cuma, ha haha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha
Aku merinding,  bulu romaku bergidik,  untung saja Bus tiba
Aku segera lompat ke dalam bus untuk hindari itu orang gila

Jumat, 23 Januari 2015—21:19 WIB
Slamet Priyadi
Di Kp. Pangarakan, Bogor
 

Denmas Priyadi Blog: "INILAH KARYAKU": SAAT PUKUL TIGA TIGA PULUH PAGI By Slamet Priyadi...: Image Orang Gila by Slamet Priyadi Orang gila tu berkemeja lengan pendek, bercelana Jean robek Berambut keritinguil penuh de...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar